Khamis, 21 Mac 2013

POSITIONING PRODUK JASA PENDIDIKAN



Report  Manajemen Pemasaran
Senin 18 maret 2013
Universitas Negri Jakarta 

       
      Senin 18 maret jam 13.30 lokasi di aula kajur disini dalam sistem pembelajarannya dibagi menjadi tiga kelompok dan dipresentasikan oleh kelompok tiga membahas tentang Positioning Produk Jasa Pendidikan, bersama bapak Dr. Amril Muhammd, S.E, M,Pd kelompok saya dijelaskan oleh sudari Dea Anggun Novia. Disini sangatlah efektif dengan adanya pembagian kelompok seperti ini 

      Apa yang dimaksud dengan positioning. Positioning adalah Pemosisian dan mengajak konsumen kepada anggapan yang kita harapkan. Devinisi jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang produknya bukan di komsumsikan bersama dengan waktu produksi dan memberikan nilai tambahan. Dan tujuannya untuk menunjukan produk yang kita buat dari produk satu ke yang lain agar lebih unggul dan di terima oleh konsumen.
 
       Langkah-langkah dalam positioning yaitu: Pertama, Mengindentifikasi atau menganalisi internal yang dalam,  atas perusahaan kita agar unggul dalam program lain dan agar  produk unggul dalam pesaing.  Setelah  menganalisis, yaitu langkah kedua, brainstroming  atau mendata dan perusahaan harus memilih barang yang sesuai dengan misi atau ber aneka ragam produk dan banyaknya macam-macam jasa agar pemilihan dan keunggulan yang tepat ,langkah ketiga, melakukan differiensasi atau mengomunikasikan posisi yang dipilih.

      Syarat positioning yang baik pertama menguntungkan kita yaitu :  banyak peminatnya  atau berlangganan. Kedua penting bagi komsumen karena konsumen menganggap produk itu penting. Yang ketiga depat dikomunikasikan atau keunggulan produk dapat diberitahu oleh konsumen dan yang terakhir tidak mudah ditiru. Jadi Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.

         Di dalam positioning ada beberapa yang harus diperhatikan : Pertama Confused marketing adalah membuat image baru dari periklanan atau pencitraan, kedua, Under positioning adalah ke unggulan dari produk yang kita hasilkan, ketiga, Over positioning adalah kelebihan atau mempromosikan terlalu luas tapi pada akhirnya tidak jelas keunggulan dari produk itu sendiri, keempat, Re positionong adalah memposisikan ulang, kelima, De positioning adalah jawaban dari kita melakukan riset dan melihat diri kita sendri.








Tiada ulasan:

Catat Ulasan