Report Manajemen Pemasaran
Senin 18 maret 2013
Universitas Negri Jakarta
Senin
18 maret jam 13.30 lokasi di aula kajur disini dalam sistem pembelajarannya
dibagi menjadi tiga kelompok dan dipresentasikan oleh kelompok tiga membahas
tentang Positioning Produk Jasa Pendidikan, bersama bapak Dr. Amril Muhammd,
S.E, M,Pd kelompok saya dijelaskan oleh sudari Dea Anggun Novia. Disini
sangatlah efektif dengan adanya pembagian kelompok seperti ini
Apa
yang dimaksud dengan positioning. Positioning
adalah Pemosisian dan mengajak konsumen
kepada anggapan yang kita harapkan. Devinisi jasa adalah suatu kegiatan
ekonomi yang produknya bukan di komsumsikan bersama dengan waktu produksi dan
memberikan nilai tambahan. Dan tujuannya untuk menunjukan produk yang kita buat
dari produk satu ke yang lain agar lebih unggul dan di terima oleh konsumen.
Langkah-langkah dalam positioning yaitu:
Pertama, Mengindentifikasi atau menganalisi internal yang dalam, atas perusahaan kita agar unggul dalam
program lain dan agar produk unggul
dalam pesaing. Setelah menganalisis, yaitu langkah kedua, brainstroming atau mendata dan perusahaan harus memilih
barang yang sesuai dengan misi atau ber aneka ragam produk dan banyaknya
macam-macam jasa agar pemilihan dan keunggulan yang tepat ,langkah ketiga,
melakukan differiensasi atau mengomunikasikan posisi yang dipilih.
Syarat positioning yang baik pertama menguntungkan
kita yaitu : banyak peminatnya atau berlangganan. Kedua penting bagi
komsumen karena konsumen menganggap produk itu penting. Yang ketiga depat
dikomunikasikan atau keunggulan produk dapat diberitahu oleh konsumen dan yang
terakhir tidak mudah ditiru. Jadi Positioning adalah tindakan
perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta
kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen
memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan
para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi
posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi
pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri
dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian
mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.
Di
dalam positioning ada beberapa yang harus diperhatikan : Pertama Confused marketing adalah membuat
image baru dari periklanan atau pencitraan, kedua, Under positioning adalah ke unggulan dari produk yang kita hasilkan, ketiga, Over positioning adalah kelebihan atau mempromosikan terlalu luas tapi pada akhirnya tidak jelas keunggulan dari produk itu sendiri, keempat, Re positionong adalah memposisikan ulang, kelima, De positioning adalah jawaban dari kita melakukan riset dan
melihat diri kita sendri.
|
Khamis, 21 Mac 2013
POSITIONING PRODUK JASA PENDIDIKAN
Langgan:
Catat Ulasan (Atom)
Tiada ulasan:
Catat Ulasan