Soal No.2.
Nama : Leni indriyani
1445115220
Mp Non Reg 2011
1. Jelaskan perbedaan Segmentasi
Psikografis dan Segmantasi Prilaku?
JAWABAN :
Perbedaan Segmentasi Psikografis
dab Segmentasi Prilaku adalah :
SEGMANTASI PSIKOGRAFIS
Dalam segmentasi psikografis, pembeli
dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya
hidup, atau karakter keperibadian. Orang-orang dalam kelompok demografis yang
sama sangat mungkin memiliki wajah yang psikografis berbeda. Dan papat di
bedakan menjadi tiga bagian yaitu :
· Kelas Sosial => Diperlihatkan bahwa kelas sosial
mempunyai pengaruh kuat dalam preferensi
terhadap mobil, pakaian, prabotan rumah, aktivitas liburan, kebiasaan membaca.
Banyak perusahaan yang merancang produk atau jasanya untuk kelas sosial
spesifik membangun ciri-ciri yang dapat menarik minat masyarakat kelas tersebut.
· Gaya Hidup =>
Keterkaitan orang terhadap aneka barang dipengaruhi oleh gaya hidup mereka.
· Kepribadian => Para
pemasaran juga menggunakan variabel kepribadian untuk memilih pasar, memberi
kepribadian bagi produk mereka sesuai dengan kepribadian konsumen. Strategi
segmentasi pasar atas dasar kepribadian telah berhasil digunakan pada sejumlah
produk seperti kosmetik, rokok, dan asuransi.
SEGMENTASI PRILAKU
Dalam
segmentasi prilaku, pembeli dibagi kedalam kelompok-kolompok menurut
pengetahuan, sikap, penggunaan dan respon mereka terhadap sebuah produk. Banyak
pemasaran yang percaya bahwa variabel prilaju merupakan titik awal yang terbaik
untuk membangun segmen-segmen pasar. Dapat dibagi menjadi tujuh yaitu :
· Kesempatan => Pembeli dapat dikelompokan
menurut kesempatan ketika mereka mendapatkan gagasan untuk membeli, benar-benar
melakukan pembelian.
· Manfaat yang dicari => Sebuah
bentuk segmentasi yang kuat adalah mengelompokan pembeli menurut
manfaat-manfaat berbeda yang mereka cari dari sebuah produk.
·
Setatus Penggunaan => Banyak
pasar yang dapat disegmentasi kedalam bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna
pontensial dan pengguna tetap dari suatu produk.
· Tingkat Penggunaan => Dapat dikelompokan
dalam dua pengguna yaitu : penggunaan ringan, menengah dan pengguna berat.
·
Status => Menurut loyalitas konsumen.
Konsumen dapat setia terhadap merek, toko, dan perusahaan.
·
Tahap Kesiapan Pembeli => Pada waktu
tertentu, meemiliki informasi.
· Sikap => Orang-orang dalam sebuah
pasar mungkin bersikap antusias, positif, tidak memihak, negatif atau
bermusuhan pada suatu produk.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan