Ahad, 10 Mac 2013

Tugas Tambahan No.1. Manajemen Pemasaran Jasa

Soal No.2.
Nama : Leni indriyani
1445115220
Mp Non Reg 2011

1. Jelaskan perbedaan Segmentasi Psikografis dan Segmantasi Prilaku?
    JAWABAN :
Perbedaan Segmentasi Psikografis dab Segmentasi Prilaku adalah :
SEGMANTASI PSIKOGRAFIS
      Dalam segmentasi psikografis, pembeli dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau karakter keperibadian. Orang-orang dalam kelompok demografis yang sama sangat mungkin memiliki wajah yang psikografis berbeda. Dan papat di bedakan menjadi tiga bagian yaitu :
·       Kelas Sosial    =>  Diperlihatkan bahwa kelas sosial mempunyai pengaruh kuat dalam  preferensi terhadap mobil, pakaian, prabotan rumah, aktivitas liburan, kebiasaan membaca. Banyak perusahaan yang merancang produk atau jasanya untuk kelas sosial spesifik membangun ciri-ciri yang dapat menarik minat masyarakat kelas tersebut.
·         Gaya Hidup   =>   Keterkaitan orang terhadap aneka barang dipengaruhi oleh gaya hidup mereka.
·     Kepribadian  =>   Para pemasaran juga menggunakan variabel kepribadian untuk memilih pasar, memberi kepribadian bagi produk mereka sesuai dengan kepribadian konsumen. Strategi segmentasi pasar atas dasar kepribadian telah berhasil digunakan pada sejumlah produk seperti kosmetik, rokok, dan asuransi.

SEGMENTASI PRILAKU
      Dalam segmentasi prilaku, pembeli dibagi kedalam kelompok-kolompok menurut pengetahuan, sikap, penggunaan dan respon mereka terhadap sebuah produk. Banyak pemasaran yang percaya bahwa variabel prilaju merupakan titik awal yang terbaik untuk membangun segmen-segmen pasar. Dapat dibagi menjadi tujuh yaitu :
·      Kesempatan => Pembeli dapat dikelompokan menurut kesempatan ketika mereka mendapatkan gagasan untuk membeli, benar-benar melakukan pembelian.
·     Manfaat yang dicari  => Sebuah bentuk segmentasi yang kuat adalah mengelompokan pembeli menurut manfaat-manfaat berbeda yang mereka cari dari sebuah produk.
·         Setatus Penggunaan  => Banyak pasar yang dapat disegmentasi kedalam bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna pontensial dan pengguna tetap dari suatu produk.
·   Tingkat Penggunaan => Dapat dikelompokan dalam dua pengguna yaitu : penggunaan ringan, menengah dan pengguna berat.
·   Status => Menurut loyalitas konsumen. Konsumen dapat setia terhadap merek, toko, dan perusahaan.
·         Tahap Kesiapan Pembeli => Pada waktu tertentu, meemiliki informasi.
·      Sikap => Orang-orang dalam sebuah pasar mungkin bersikap antusias, positif, tidak memihak, negatif atau bermusuhan pada suatu produk.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan