Sabtu, 2 Mac 2013

MANAJEMEN PEMASARAN JASA



                                              ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN



Pertemuan ke-tiga Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, Peresentasi kelompok satu membahas materi mengenai Analisis Lingkungan Pemasaran. Dan anggotanya terdiri dari Muhammad Ilham, Andikha Puji Purnomo, dan Elan Suherlan



Dalam lingkungan pemasaran terdapat dua faktor yang mempengaruhi pemasaran yaitu faktor interanal dan faktor eksternal. 
Faktor internal ialah  faktor yang bersumber dari dalam suatu perusahaan itu sendiri yang secara langsung akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Faktor internal dalam suatu lingkungan pemasaran adalah manusia, kebijakan, kepemimpinan, sarana dan prasarana.
Faktor kedua yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor yag bersumber dari luar suatu perusahaan yang berpengaruh terhadap permasaran produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Komponen-komponen dalam faktor eksternal lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal makro dan faktor ekternal mikro.
Lingkungan makro yaitu ; merupakan lingkungan yang mempunyai kedekatan terhadap usaha pemasaran suatu produk baik yang sangat dekat maupun yang tidak terlalu dekat dengan perusahaan tersebut. cakupan dalam lingkungan mikro yaitu ;
  1. Lingkungan Persaingan
  2. Lingkungan Pasar
  3. Lingkungan Pemasok
  4. Lingkungan Penyalur
           
Lingkungan Mikro yaitu merupakan lingkungan yang cakupannya sudah luas dan jauh dari perusahaan tersebut. Cakupan dari lingkungan makro yaitu ;
  1. Lingkungan Demografi
  2. Lingkungan Ekonomi
  3. Lingkungan Alam
  4. Lingkungan Teknologi
  5. Lingkungan Plitik dan
  6. Lingkungan kebudayaan.
Pertama lingkungan demografi adalah lingkungan yang pertama dimonitor, karna oang-orang yang membentuk pasar.
Kedua lingkungan ekonomi karena daya beli yang ada di dalam satu perekonomian tergantung pada pendapat, harga, tabungan, dan hutang.
ketiga lingkungan alam ialahyang terbagi menjadi sumberdaya aalam yang tidak terbatas, terbatas yang dapat diperbaharui, dapat terbatas dan tidak daoat dioerbaharui.
keempat lingkungan teknologi, karena tingkat pertumbuhan ekomoni dipengaruhi oleh berapa banyak teknologi baru yang ditemukan.
kelima lingkungan politik karena keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungn politis.
keenam lingkungan budaya adanya Kepercayaan, tradsi dan agama yang erbeda di Inonesia mempunyai pola konsumsi dan gaya hidup yang berbeda.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan