Ahad, 10 Mac 2013

SEGMANTASI DAN TARGETITING PEMASARAN JASA



          Senin, 4 Maret 2013, lokasi di ruang DS. 307 Gedung Daksinapati UNJ, lantai tiga, kuliah Manajemen Pemasaran bersama bapak Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd. Di presentasikan oleh lekompok dua, dam penyajian yang pertama oleh Pratama Dhanty, Syifa Chaerunisa, Vera Latifah, dan Yohanes Andre, pada sekitar pukul 13.40, membahas mengenai Segmentasi dan Targetting Pemasaran Jasa.
      Segmentasi adalah suatu proses membagi pasar yang heterogen ke dalam segmen-segmen homogen yang spesifik teridentifikasi yang menjadi target pemasaran. Segmentasi sangat perlu dilakukan agar perusahaan lebih mudah dalam melakukan targetting.
     Segmentasi dilakukan dengan berbagai tujuan agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memastikan retensi pelanggan, memperkuat dan menambah loyalitas pelanggan, dan mencegah pemborosan sumber daya. Ada 3 macam pendeketan yang dapat dilakukan, yaitu : 
  1.   Undifferntiated marketing, 
  2.   Differentiated marketing, dan 
  3.   Concentrated marketing. 
      Pendekatan dekatan undifferentiated marketing ialah : perusahaan yang tidak membuat segmen-segmen khusus terhadap pasar, sasaran'a adalah seluruh pasar atau biasa disebut agreasi pasar. 
Pendekatan diffrentiated marketing  ialah : perusahaan menentukan sebagian dari segmen-segmen tersebut untuk menjadi target pasar. 
Pendekatan concentrated marketing ialah : perusahaan hanya fokus terhadap satu segmen saja.

      Segmentasi yang efektif adalah ; segmentasi yang dapat dibedakan, diukur,besar, dapat diakses, dapat diambil tindakan dan terjangkau. Targeting memiliki peranan penting dalam pemasaran. Merupakan sasaran pasar, untuk menetapkanya terdiri dari beberapa tahap. Yang pertama adalah mengevaluasi segmen pasar, ukuran dan pertumbuhan segmen, dayatarik setruktural segmen dan tujuan dan sumberdaya perusahaan. Yang kedua memilih segmen pasar ialah konsentrasi segmen tunggal, sepesialisasi selektif dan sepesialisasi pruduk, sepesialisasi pasar dan cakupan seluruh pasar. Dan yang ketiga adalah pertimbangan tambahan dengan mengevaluasi dan memilih segmen, pemeliharaan pasar sasaran yang etis, hubungan timbal balik segmen dan super segmen, rencana penyerangan segmen dan segmen.
 
                 Variabel-variabel Segmentasi yang Utama untuk Pasar Konsumen.
 
 Variabel-variabel segmentasi utama untuk pasar terbagi menjadi empat yaitu :   

GEORAFIS 
           Ada  beberapa aspek yang menjadi pertimbangan dalam geografis, yaitu wilayah, ukuran wlayah, ukuran  kota, iklim dan kepadatan.  
DEMOGRAFIS
                Yaitu  seperti : umur, jenis kelamin, ukuran keluarga, daur hidup keluarga, penghasilan pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan.  
PSIKOGRAFIS 
                     Yaitu   :  kelas sosial, gaya hidup, dan keperibadian. 
PRILAKU 
          Yaitu : kesempatan belanja, manfa'at yang dicari, status penggunaan, tngkat penggunaan, status kesetiaan, tingkat kesiapan dan sikap tehadap produk.
 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan