Senin 6 April 2013, Pertemuan ke-11 Mata Kuliah Pemasaran. Pada perkuliahan hari ini
tidak didampingi oleh Dr. Amril Muhammad SE, M.Pd, namun diskusi tetap berjalan
dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dan didampingi oleh satu orang pemateri.
Diskusi dilaksanakan di ruang 307, universitas negri jakarta , dan tema pada pertemuan kali ini
adalah “Promosi Jasa pendidikan”. Diskusi dipimpin oleh kelompok 9 yaitu Ria
Zulfiah, Ayu, Rahmawati dan Nurma Jelita.
Sebulum melanjutkan pembahasan kita harus
mengetahui apa itu promosi dan definisi. Promosi adalah : merupakan salah satu bagian dari
rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk/barang. Definisi dari Promosi adalah
sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen
tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau
perasaan audience. Promosi juga dapat
dikatakan sebagai kumpulan aktivitas yang memberitahu kebaikan produk dan
membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya, Hubungan promosi dengan
penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan.
Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan
promosi.
Menurut
William J. Stanton, promosi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu (1) jumlah
dana yang tersedai untuk promosi, perusahaan harus menentukan seberapa besar
dana yang dialokasikan untuk melakukan promosi, hal ini tergantung dari jenis
produk dan kemampuan perusahaan, (2) keadaan pasar, yaitu keadaan geografis
daerah pemasaran, (3) keadaan atau kondisi produk , (4) tingkat siklus
kehidupan produk, yaitu pada tingkat mana siklus kehidupan produk sudah
dicapai, misalnya introduksi, growth, atau
maturity.
Tujuan
promosi di antaranya adalah:
- Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
- Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
- Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
- Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
- Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
- Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
- Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Terdapat perbedaan antara
iklan dengan promosi. Iklan Dilakukan secara tidak langsung dan dijalankan melalui media tertentu, sedangkan promosi dapat dilakukan kapan dan dimana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun persamaan keduanya adalah merupakan usaha menaikkan omset penjualan dengan berusaha mempengaruhi
konsumen-konsumennya. Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah iklan adalah cara menyusun iklan agar konsep yang dibuat menarik perhatian
masyarakat, tempat dan waktu memasang iklan yang strategis dan tepat, ukuran iklan dan frekuensi pemasangan iklan yaitu berapa lama iklan tersebut akan di pasang.
Sands Casino | Review - Games - Sands Casino
BalasPadamRead our Sands Casino review before you play for real money or for free. Learn all about the septcasino casino games and หาเงินออนไลน์ claim your bonus. Rating: 3.3 · Review by Jeff deccasino Grant