Jakarta Senin, 20 Mei 2013 di Ruang 307 kegiatan
perkuliahan Manajemen Pamasaran Jasa yang di dampingi oleh Dr. Amril Muhammad,
S.E, M.Pd. dalam perkuliahan ini saya tidak dapat hadir karna
sakit, perkuliahan kali
ini akan membahas mengenai “ Perilaku Konsumen “ yang dibahas oleh kelompok 11
( Dwi Sakti Nugroho, Qidam Permadi, dan Yudhi Ardiyanto ).
Sebelum
membahas lebih lanjut kita harus mengetahui apa itu Perilaku konsumen, Perilaku Konsumen adalah perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang yang membeli dan
menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. Didalam suatu perusahaan agar bisa
mencapai tujuannya maka perusahaan harus mampu untuk memahami perilaku konsumen
tersebut, karena perilaku konsumenlah yang menentukan tercapai atau tidaknya
tujuan perusahaan tersebut.
Perilaku konsumen
dapat dilihat dari segi internal dan eksternalnya. Dilihat dari segi
internalnya, perilaku pelanggan terhadap suatu barang dan jasa dipengaruhi oleh
kebutuhan dan keinginan akan barang dan jasa. Hal itu berasal dari faktor yang
ada di dalam diri seseorang. Kemudian dilihat dari fisik diri seseorang dengan
melihat diri sendiri atas kecocokannya terhadap pembelian barang dan jasa
dengan fisiknya. Dari sisi sosial, seseorang melihat suatu barang atau jasa
disesuaikan dengan kelas sosialnya, hal ini seperti suatu prestise (gengsi)
untuk seseorang. Lalu ada religi/religiusitas yang menyangkut kepercayaan
seseorang terhadap suatu benda yang dianggap sakral dan memiliki pengaruh kuat
menurutnya, apabila dilihat dari segi eksternalnya, perilaku seseorang
dipengaruhi oleh ekonomi yang ada di masyarakat, sosial budaya masyarakat
antara lain kebiasaan yang terjadi di masyarakat, kepercayaan suatu masyarakat
terhadap sesuatu dan lain sebagainya.
Proses
konsumen sebelum mengambil keputusan untuk membeli barang tersebut. Prosesnya
antara lain : 1. konsumen mencari tau apakah
barang atau jasa yang ingin di beli dapat membantu untuk menyelesaikan masalah
yang ada pada konsumen 2. konsumen
juga mencari tau kualitas dari barang atau jasa baik dari segi kualitas maupun
harga 3. konsumen mempertimbangkan pengalamannya dalam membeli suatu produk 4. konsumen dapat memutuskan barang atau jasa yang akan dibeli 5. evaluasi.
Dalam melakukan proses konsumen dalam mengambil
keputusan, setiap konsumen mempunyai dan memiliki perannya masing-masing dalam
melakukan pembelian antara lain : 1.pencetus ide yaitu seseorang yang pertama kali mengusulkan ide untuk
membeli suatu produk atau jasa 2. pemberi
pengaruh yaitu seseorang yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian 3. pengambil keputusan yaitu seseorang yang memutuskan setiap komponen dalam
keputusan pembelian 4. pembeli
yaitu seseorang yang melakukan pembelian sebenarnya 5. pemakai yaitu seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk dan jasa
tertentu.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan