Ahad, 26 Mei 2013

Prilaku


Jakarta Senin, 20 Mei 2013 di Ruang 307 kegiatan perkuliahan Manajemen Pamasaran Jasa yang di dampingi oleh Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. dalam perkuliahan ini saya tidak dapat hadir karna sakit, perkuliahan kali ini akan membahas mengenai “ Perilaku Konsumen “ yang dibahas oleh kelompok 11 ( Dwi Sakti Nugroho, Qidam Permadi, dan Yudhi Ardiyanto ).
Sebelum membahas lebih lanjut kita harus mengetahui apa itu Perilaku konsumen, Perilaku Konsumen adalah perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang yang membeli dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. Didalam suatu perusahaan agar bisa mencapai tujuannya maka perusahaan harus mampu untuk memahami perilaku konsumen tersebut, karena perilaku konsumenlah yang menentukan tercapai atau tidaknya tujuan perusahaan tersebut.
Perilaku konsumen dapat dilihat dari segi internal dan eksternalnya. Dilihat dari segi internalnya, perilaku pelanggan terhadap suatu barang dan jasa dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan akan barang dan jasa. Hal itu berasal dari faktor yang ada di dalam diri seseorang. Kemudian dilihat dari fisik diri seseorang dengan melihat diri sendiri atas kecocokannya terhadap pembelian barang dan jasa dengan fisiknya. Dari sisi sosial, seseorang melihat suatu barang atau jasa disesuaikan dengan kelas sosialnya, hal ini seperti suatu prestise (gengsi) untuk seseorang. Lalu ada religi/religiusitas yang menyangkut kepercayaan seseorang terhadap suatu benda yang dianggap sakral dan memiliki pengaruh kuat menurutnya, apabila dilihat dari segi eksternalnya, perilaku seseorang dipengaruhi oleh ekonomi yang ada di masyarakat, sosial budaya masyarakat antara lain kebiasaan yang terjadi di masyarakat, kepercayaan suatu masyarakat terhadap sesuatu dan lain sebagainya.
 Proses konsumen sebelum mengambil keputusan untuk membeli barang tersebut. Prosesnya antara lain : 1. konsumen mencari tau apakah barang atau jasa yang ingin di beli dapat membantu untuk menyelesaikan masalah yang ada pada konsumen 2. konsumen juga mencari tau kualitas dari barang atau jasa baik dari segi kualitas maupun harga 3. konsumen mempertimbangkan pengalamannya dalam membeli suatu produk 4. konsumen dapat memutuskan barang atau jasa yang akan dibeli 5. evaluasi.

            Dalam melakukan proses konsumen dalam mengambil keputusan, setiap konsumen mempunyai dan memiliki perannya masing-masing dalam melakukan pembelian antara lain : 1.pencetus ide yaitu seseorang yang pertama kali mengusulkan ide untuk membeli suatu produk atau jasa 2. pemberi pengaruh yaitu seseorang yang pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian 3. pengambil keputusan yaitu seseorang yang memutuskan setiap komponen dalam keputusan pembelian 4. pembeli yaitu seseorang yang melakukan pembelian sebenarnya 5. pemakai yaitu seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk dan jasa tertentu.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan