Ahad, 5 Mei 2013

Kebijakan Harga Jual



    
      Jakarta Senin 29 April jam 13.30 lokasi di kelas, Ruang 307 dipresentasikan oleh kelompok  kel 8 yang beranggotakan Berta, Vivi, Roli, dan Winda, lalu dijelaskan kembali oleh Dosen Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Materi perkuliahan adalah tentang “ Kebijakan Harga Jual”. Harga merupakan sejumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk. Didalam penentuan kebijakan harga, terdapat tiga bagian yang ditentukan.
Kebijaksanaan penetapan harga adalah merupakan salah satu unsur yang terpenting dan utama bagi perusahaan dalam menentukan atau melaksanakan strategi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Di mana harga suatu barang merupakan penghubung antara pembeli (konsumen) dengan pihak penjual (produsen) yang turut menentukan terjadinya transaksi pembelian, dan juga harga merupakan ukuran panting untuk mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu barang dan jasa laku di pasaran.
Menurut George A. Steiner Dan John B. Miner dalam bukunya Kebijakan Dan Strategi Manajemen (1997;22) Kebijaksanaan umumnya dianggap sebagai pedoman untuk bertindak atau saluran untuk berpikir. Secara lebih khusus kebijaksanaan adalah pedoman untuk melaksanakan suatu tindakan.
      Dalam pemasaran barang, untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan sangat diperlukan adanya berbagai informasi. Demikian pula dalam menentukan salah satu kebijaksanaan harga jual barang yang diproduksi oleh suatu Badan Usaha.
       Sebenarnya masalah penjualan dan penetapan harga itu merupakan salah satu bagian dari rencana kerja dalam rangka persiapan penjualan barang. Tugas bagian penjualan itu meliputi pekerjaan persiapan penjualan dan pelaksanaannya. Justru dalam persiapan penjualan inilah sebenarnya lebih banyak pekerjaan yang harus di-lakukan yang antara lain mengadakan penelitian tentang : 1. Keadaan pembeli (tempat tinggalnya, kesukaannya dan tingkatan daya belinya), 2. kemungkinan-kemungkinan yang menyangkut pengangkutan dan biayanya, 3. usaha-usaha yang berhubungan dengan peningkatan penjualan, 4 Analisa pasar.
      
      Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga. Terbagi menjadi dua yaitu Faktor lingkungan internal dan Faktor lingkungan eksternal :
Faktor lingkungan internal adalah :1. Tujuan pemsaran perusahaan, tujuan pemasaran dapat berupa laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup. 2. Strategi bauran pemasaran,  dalam menetukan harga sebaiknya dikoordinaskan lebih lanjut dengan elemen pemasaran. 3. Biaya, merupakan satu faktor yang sangat penting agar tidak mengalami kerugian. 4. Organisasi, dalam suatu organisasi di perlukan pendapat atau masukan dari anggota organisasi dalam penetapan harga. Dan  Faktor lingkungan eksternal adalah 1. Sifat dan permintaan pasar, memperhatikan dan memahami secara seksama sifat pasar dan permintaan terhadap produk yang dihasilkan. 2. Persaingan, dapat dilihat dari persaingan yang ada di pasaran tersebut.

Kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk suatu jangka waktu tertentu. Ada faktor faktor yang mempengaruhi kebijakan harga yaitu (1) apa yang di tinjau, maksudnya adalah harga yang berada di pasaran harus kita tinjau supaya produk yang akan dikeluarkan sesuai dengan harga pasarannya; dan (2) penetrsi/penerobosan, maksudnya produk mampu menerobos pasaran tetapi dengan harga yang tidak terlalu membebankan konsumen.

Kebijakan harga dapat ditinjau dari tiga sudut yaitu (1) kebijakan harga produsen yaitu harga yang di berikan kepada konsumen tidak membuat para konsumen di rugikan atau di curangi oleh para produsen; (2) kebijakan harga wholesaler (grosir) yaitu, harga yang dilihat dari tempat pembeliannya, wilayah, dan kualitas dari suatu produk dengan harga yang sesuai dengan pasaran yang ada; dan (3) kebijakan harga retailer (agen) yaitu harga yang lebih terjangkau yang diberikan kepada konsumen dengan pembelian dengan jumalah banyak.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan