Kebijaksanaan penetapan harga
adalah merupakan salah satu unsur yang terpenting dan utama bagi perusahaan
dalam menentukan atau melaksanakan strategi pemasaran dalam upaya untuk
meningkatkan penjualan. Di mana harga suatu barang merupakan penghubung antara
pembeli (konsumen) dengan pihak penjual (produsen) yang turut menentukan
terjadinya transaksi pembelian, dan juga harga merupakan ukuran panting untuk
mengetahui berapa besar nilai suatu barang dan jasa dan merupakan salah satu
faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu barang dan jasa laku di pasaran.
Menurut George A. Steiner Dan
John B. Miner dalam bukunya Kebijakan Dan Strategi Manajemen (1997;22)
Kebijaksanaan umumnya dianggap sebagai pedoman untuk bertindak atau saluran
untuk berpikir. Secara lebih khusus kebijaksanaan adalah pedoman untuk
melaksanakan suatu tindakan.
Dalam pemasaran barang, untuk dapat
mencapai tujuan yang diharapkan sangat diperlukan adanya berbagai informasi.
Demikian pula dalam menentukan salah satu kebijaksanaan harga jual barang yang
diproduksi oleh suatu Badan Usaha.
Sebenarnya masalah penjualan dan
penetapan harga itu merupakan salah satu bagian dari rencana kerja dalam rangka
persiapan penjualan barang. Tugas bagian penjualan itu meliputi pekerjaan
persiapan penjualan dan pelaksanaannya. Justru dalam persiapan penjualan inilah
sebenarnya lebih banyak pekerjaan yang harus di-lakukan yang antara lain
mengadakan penelitian tentang : 1. Keadaan pembeli (tempat tinggalnya,
kesukaannya dan tingkatan daya belinya), 2. kemungkinan-kemungkinan yang
menyangkut pengangkutan dan biayanya, 3. usaha-usaha yang berhubungan dengan
peningkatan penjualan, 4 Analisa pasar.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan
harga. Terbagi menjadi dua yaitu Faktor lingkungan internal dan Faktor
lingkungan eksternal :
Faktor
lingkungan internal adalah :1. Tujuan pemsaran perusahaan, tujuan pemasaran
dapat berupa laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup. 2. Strategi
bauran pemasaran, dalam menetukan harga sebaiknya dikoordinaskan lebih
lanjut dengan elemen pemasaran. 3. Biaya, merupakan satu faktor yang sangat
penting agar tidak mengalami kerugian. 4. Organisasi, dalam suatu organisasi di
perlukan pendapat atau masukan dari anggota organisasi dalam penetapan harga. Dan
Faktor lingkungan eksternal adalah 1. Sifat
dan permintaan pasar, memperhatikan dan memahami secara seksama sifat pasar dan
permintaan terhadap produk yang dihasilkan. 2. Persaingan, dapat dilihat dari persaingan
yang ada di pasaran tersebut.
Kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang
akan diikuti untuk suatu jangka waktu tertentu. Ada faktor faktor yang
mempengaruhi kebijakan harga yaitu (1) apa yang di tinjau, maksudnya adalah
harga yang berada di pasaran harus kita tinjau supaya produk yang akan
dikeluarkan sesuai dengan harga pasarannya; dan (2) penetrsi/penerobosan,
maksudnya produk mampu menerobos pasaran tetapi dengan harga yang tidak terlalu
membebankan konsumen.
Kebijakan harga dapat ditinjau dari tiga sudut yaitu (1)
kebijakan harga produsen yaitu harga yang di berikan kepada konsumen tidak
membuat para konsumen di rugikan atau di curangi oleh para produsen; (2)
kebijakan harga wholesaler (grosir) yaitu, harga yang dilihat dari tempat
pembeliannya, wilayah, dan kualitas dari suatu produk dengan harga yang sesuai
dengan pasaran yang ada; dan (3) kebijakan harga retailer (agen) yaitu harga
yang lebih terjangkau yang diberikan kepada konsumen dengan pembelian dengan
jumalah banyak.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan