Jakarta Senin 22 April jam 13.30 lokasi di kelas, Ruang 307 dipresentasikan
oleh kelompok terdiri dari, yola,
leni dan rizki. Kelompok ini menjelaskan tentang distribusi. Franchise dan
multilevel marketing Jasa Pendidikan, bersama bapak Dr. Amril Muhammd, S.E,
M,Pd.
Sebelumnya kta herus mengetahi apa itu
distribusi. Franchise dan multilevel arketing. Distribusi menurut para ahli
adalah : Menurut Philip Kotler ‘’Saluran distribusi sebagai
himpunan perusahaan dan perorangan yang mengambil ahli hak, atau menbantu dalam
pengalihan hak atas barang atau jasa tersebut berpindah dari produsen ke
konsumen.’’ Distribusi jasa adalah
‘’lokasi dan saluran distribusi untuk menyediakan jasa kepada pasar sasaran
adalah dua kunci area keputusan. Keputusan lokasi dan saluran mencangkup
bagaimana menyampaikan jasa kepada
konsumen dan dimana terjadinya’’. beberapa tipe-tipe dari saluran distribusiDistribusi menurut bentuknya dibagi atas 2,
yaitu : 1.Saluran Distribusi Lansung ada A. Selling at the point production,
bentuk penjualan lansung ditempat produksi ( Contoh :Petani buah yang
melakukan penjualan buah-buah yang dihasilkan lansung dikebun kepada konsumen
buah atau Usaha pakaian jadi yang menjual hasil produksinya lansung kepada
konsumen ditempat penjaitan.) B. Selling
at the producer’s retail store, dalah penjuakan yang dilakukan ditempat
pengecer. Bentuk penjualan ini biasanya produsen tidak melakukan penjualan
lansung kepada konsumen tetapi melalui atau dilimpahkan pada pihak pengecer. 2.
Saluran Distribusi Tidak Lansung : A. bentuk saluran distribusi yang
menggunakan jasa perantara atau agen untuk menyalurkan barang atau jasa kepada
para konsumen. Yang dimaksud dengan perantara adalah mereka yang memberi dan
menjual barang-barang tersebut dan memilkinya. Sedangkan yang dimaksud dengan
agen adalah orang atau perusahana yang membeli atau menjual barang unutk
perdagangan besar. Fungsi-fungsi saluran distibusi terbagi menjadi 3
bagian yaitu : A. Fungsi pertukaran dibedakan menjadi 3 macam :Pembelian.
Penjualan, Pengambilan resiko. B. Fungsi penyediaan fisik dibedakan menjadi 4
macam :Pengumpulan, penyimpanan,pemilihan,pengangkutan. C. fungsi penunjang
dibedakan menjadi 4 macam :pelayanan sesudah pembelian,pembelanjaan, penyebaran
informasi,koordinasi saluran.
Franchise adalah Waralaba (franchise) merupakan suatu sistem bisnis
yang telah lama dikenal oleh dunia, dimana untuk pertama kalinya diperkenalkan
oleh perusahaan mesin jahit Singer di Amerika Serikat, pada tahun 1851, yang
kemudian diikuti oleh General Motors Industry pada tahun 1898. Perkembangan
waralaba di negeri Paman Sam menunjukkan, peluang yang muncul dari waralaba
menarik orang dari berbagai latar
Menurut Peter J .Clathier (1994) definisi atau
pengertian Multi
Level Marketing (MLM) adalah :s uatu cara atau metode menjual barang
secara langsung kepada pelanggan melalui jaringan yang dikembangkan oleh
para distributor lepas yang memperkenalkan para distributor
berikutnya pendapatan dihasilkan terdiri dari laba eceran dan laba
grosir ditambah dengan pembayaran-pembayaran berdasarkan penjualan
total kelompok yang dibentuk oleh sebuah distributor.
Menurut
David Roller (1995) definisi atau pengertian Multi Level Marketing (MLM) adalah s istem melalui mana
sebuah induk perusahaan mendistribusikan barang atau jasanya. Lewat suatu
jaringan orang - orang bisnis yang independen tidak hanya di Amerika Serikat,
tetapi di seluruh dunia. Orang-orang bisnis atau para wiraswatawan
ini kemudian mensponsori orang-orang lain lagi, untuk membantu
mendistribusikan barang dan jasanya, proses orang membantu orang ini bisa
diteruskan lagi lewat satu atau beberapa tingkat pemasukan .
belakang seperti para usahawan, profesional,
pensiunan, bahkan anak-anak muda.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan