Ahad, 28 April 2013

Distribusi, Franchise, Multilevel Marketing Jasa Pendidikan



     Jakarta Senin 22 April jam 13.30 lokasi di kelas, Ruang 307 dipresentasikan oleh kelompok   terdiri dari, yola, leni dan rizki. Kelompok ini menjelaskan tentang distribusi. Franchise dan multilevel marketing Jasa Pendidikan, bersama bapak Dr. Amril Muhammd, S.E, M,Pd.

      Sebelumnya kta herus mengetahi apa itu distribusi. Franchise dan multilevel arketing. Distribusi menurut para ahli adalah : Menurut Philip Kotler ‘’Saluran distribusi sebagai himpunan perusahaan dan perorangan yang mengambil ahli hak, atau menbantu dalam pengalihan hak atas barang atau jasa tersebut berpindah dari produsen ke konsumen.’’ Distribusi  jasa adalah ‘’lokasi dan saluran distribusi untuk menyediakan jasa kepada pasar sasaran adalah dua kunci area keputusan. Keputusan lokasi dan saluran mencangkup bagaimana  menyampaikan jasa kepada konsumen dan dimana terjadinya’’. beberapa tipe-tipe dari saluran distribusiDistribusi menurut bentuknya dibagi atas 2, yaitu : 1.Saluran Distribusi Lansung ada A. Selling at the point production, bentuk penjualan lansung ditempat produksi ( Contoh :Petani buah yang melakukan penjualan buah-buah yang dihasilkan lansung dikebun kepada konsumen buah atau Usaha pakaian jadi yang menjual hasil produksinya lansung kepada konsumen ditempat penjaitan.) B. Selling at the producer’s retail store, dalah penjuakan yang dilakukan ditempat pengecer. Bentuk penjualan ini biasanya produsen tidak melakukan penjualan lansung kepada konsumen tetapi melalui atau dilimpahkan pada pihak pengecer. 2. Saluran Distribusi Tidak Lansung : A. bentuk saluran distribusi yang menggunakan jasa perantara atau agen untuk menyalurkan barang atau jasa kepada para konsumen. Yang dimaksud dengan perantara adalah mereka yang memberi dan menjual barang-barang tersebut dan memilkinya. Sedangkan yang dimaksud dengan agen adalah orang atau perusahana yang membeli atau menjual barang unutk perdagangan besar. Fungsi-fungsi saluran distibusi terbagi menjadi 3 bagian yaitu : A. Fungsi pertukaran dibedakan menjadi 3 macam :Pembelian. Penjualan, Pengambilan resiko. B. Fungsi penyediaan fisik dibedakan menjadi 4 macam :Pengumpulan, penyimpanan,pemilihan,pengangkutan. C. fungsi penunjang dibedakan menjadi 4 macam :pelayanan sesudah pembelian,pembelanjaan, penyebaran informasi,koordinasi saluran.
Franchise adalah Waralaba (franchise) merupakan suatu sistem bisnis yang telah lama dikenal oleh dunia, dimana untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh perusahaan mesin jahit Singer di Amerika Serikat, pada tahun 1851, yang kemudian diikuti oleh General Motors Industry pada tahun 1898. Perkembangan waralaba di negeri Paman Sam menunjukkan, peluang yang muncul dari waralaba menarik orang dari berbagai latar
Menurut Peter J .Clathier (1994)  definisi atau pengertian Multi Level Marketing (MLM)  adalah :s uatu cara atau metode menjual barang secara langsung kepada  pelanggan melalui jaringan yang dikembangkan oleh para distributor  lepas yang memperkenalkan para distributor berikutnya  pendapatan dihasilkan terdiri dari laba eceran dan laba grosir  ditambah dengan pembayaran-pembayaran berdasarkan penjualan  total kelompok yang dibentuk oleh sebuah distributor. 
       Menurut David Roller (1995) definisi atau pengertian Multi Level Marketing (MLM) adalah s istem melalui mana sebuah induk perusahaan  mendistribusikan barang atau jasanya. Lewat suatu jaringan orang - orang bisnis yang independen tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi  di seluruh dunia. Orang-orang bisnis atau para wiraswatawan ini  kemudian mensponsori orang-orang lain lagi, untuk membantu  mendistribusikan barang dan jasanya, proses orang membantu  orang ini bisa diteruskan lagi lewat satu atau beberapa tingkat  pemasukan .


belakang seperti para usahawan, profesional, pensiunan, bahkan anak-anak muda.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan